Inilah Alasan Mengapa Traveling Sangat Cocok Untuk yang Lagi Galau


Dalam bahasa Indonesia kata ‘galau’ diartikan sebagai sebuah suasana pikiran yang sedang kacau tidak keruan. Sedangkan dalam kehidupan di masyarakat, galau sering diartikan sebagai suasana hati yang tidak nyaman. Bisa karena penat dengan pekerjaan, bingung dalam mengambil kepuasan, putus asa akibat kegagalan, sampai patah hati karena putus sama pacar.  Galau pun merupakan situasi yang pasti pernah dialami oleh semua orang, baik itu pelajar, mahasiswa, profesional, sampai orang tua. 

Untuk melawan kondisi ini, seseorang dituntut untuk merasa lebih bahagia, tenang, nyaman, serta kondisi fisik dan psikis yang positif lainnya. Untuk mendapatkan kondisi yang positif ini, umumnya orang-orang akan melampiaskannya dengan bercerita kepada orang lain, merenung, atau melakukan aktifitas lain untuk mengalihkan perhatian. Selain itu, ada juga suatu cara untuk menghadapi kondisi galau yang sangat menyenangkan, yaitu traveling.

Anggapan ini bukan sekedar isapan jempol belaka. Soalnya, pendapat yang menunjukan kalau traveling bisa menghadirkan kondisi fisik dan psikis yang positif sudah banyak dilakukan. Salah satu pendapat itu terdapat dalam buku berjudul ‘Blue Mind: The Surprising Science That Shows How Being Near, In, On, or Under Water Can Make You Happier, Jealthier, More Connected and Better at What You do’ karangan Wallace J. Nochols. Dalam buku ini, Wallace menyebutkan kalau dengan pergi liburan, khususnya di tempat-tempat yang dekat dengan air, seseorang bisa melepaskan emosi dan rasa empati.

Seperti yang kita tahu, pelepasan emosi adalah salah satu hal yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Sedangkan dengan berempati, seseorang bisa lebih merasakan perasaan yang baik serta dapat memperbaiki hubungannya dengan diri sendiri dan orang lain. Pelepasan emosi dan rasa empati ini dihasilkan dari rasa kagum dan takjub terhadap keindahan yang dilihat di tempat wisata.

Anggapan Wallace ini diperkuat oleh pendapat Margaret J. King, seorang direktur dari Center for Cultural Studies & Analysis. Menurutnya traveling memiliki banyak manfaat yang baik, khususnya untuk menghilangkan stres. Margaret berpendapat kalau seseorang butuh dan ingin segala hal yang baru untuk melepaskan diri dari rasa galau. Dengan traveling inilah seseorang bisa mendapatkan pengalaman baru tersebut. Selain itu, seseorang pun tidak akan terlalu menjalani aktifitas yang terlalu padat sehingga bisa membebaskan diri dari kepenatan, menjernihkan pikiran, dan melepas stres tentunya.

Sedangkan menurut profesor dan penulis bernama Adam Galinsky, pengalaman baru yang didapat saat traveling mampu meningkatkan kreatifitas seseorang, fleksibilitas kognitif, dan menyatukan hubungan dari bentuk yang berbeda, serta membantu seseorang untuk membuka pikiran.

Pendapat-pendapat yang menyatakan kalau traveling bisa mengilangkan galau dipertegas lewat sebuah survey yang dilakukan Diamond Resorts Internasional pada tahun 2014. Lewat survey tersebut, lebih dari tiga perempat responden merasakan rasa bahagia kalau dalam setahun minimal melakukan sekali traveling. Perasaan bahagia inilah yang jadi kunci untuk menghilangkan perasaan galau.

Sebagai bonus, traveling juga bisa membuat jantung dan otak menjadi lebih sehat. Soalnya, seseorang akan selalu aktif bergerak saat liburan. Aktifitas ini jelas berbanding terbalik dibanding rutinitas sehari-hari yang lebih banyak duduk, baik itu di kantor, kelas, atau diperjalanan. Pergerakan ini juga bisa membentuk tubuh untuk menjadi lebih ideal. 

Hal ini sudah dibuktikan oleh pasangan pensiunan asal Amerika Serikat bernama Lyne dan TIm Martin. Di usia yang sudah berkepala 4, pasangan ini justru memutuskan untuk meninggalkan rumah demi mengunjungi tempat-tempat menarik di luar negeri. Meskipun cukup melelahkan untuk orang seusia mereka tapi ternyata Lyne dan Tim justru tidak pernah mengalami sakit parah selama perjalanan. Mereka hanya sesekali mengecek kondisi kesehatan mereka untuk sakit yang ringan. Untuk mengetahui kisah perjalanan mereka lebih jauh lagi, kamu bisa membaca buku karangan Lyne berjudul ‘Home Sweet Anywhere: How We Sold Our House, Created a New Life, and Saw The World’.

Jadi buat kamu yang sedang penat karena sering kena marah di kantor, baru putus dari pacar, kecengan direbut sama sahabat sendiri, bingung memutuskan suatu pilihan yang sulit, sampai putus asa karena gagal meraih sesuatu, cobalah untuk traveling untuk menyegarkan kembali pikiran dan memperbaiki suasana hati.

Kamu bisa liburan di tempat menarik yang ada di sekitar tempat tinggalmu, atau pergi ke tempat-tempat yang lebih jauh lagi. Untuk bisa traveling dengan lebih hemat, kamu cuku Mencari harga tiket pesawat di reservasi.com. Ada banyak pilihan maskapai penerbangan domestik dan mancanegara yang bisa kamu pesan dengan penawaran harga terbaik. Selain itu, jangan lupa untuk Booking harga hotel murah sejak jauh hari agar kamu mendapatkan kamar hotel pilihan dengan penawaran terbaik juga.

Selanjutnya, jangan lupa untuk membagikan cerita menyenangkan di momen liburanmu lewat sosial media dalam bentuk foto, video, atau tulisan. Soalnya, cerita liburan yang bisa menarik banyak penonton atau pembaca dapat mendatangkan keuntungan finansial kalau dilakukan secara konsisten.

0 Komentar untuk "Inilah Alasan Mengapa Traveling Sangat Cocok Untuk yang Lagi Galau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel