Harga dan Spesifikasi Samsung A80 Indonesia, Lebih Baik Dari Samsung Galaxy S?

Samsung A80
Samsung A80. Foto : Samsung.com
Harga awal saat beredar resmi di pasaran, banderol harga Samsung A80 Rp. 9.499.000, kini mulai turun. Ini karena minat masyarakat lebih tertarik ke seri Samsung Galaxy S. Kehadiran Samsung Galaxy A80 memang memikat dari sektor fotografi smartphone.

Smartphone Samsung generasi A tertinggi ini memulai debutnya secara resmi di Indonesia pada tanggal 17 Juli 2019 yang lalu. Samsung menghadirkan inovasi terbaru rotasi triple camera Samsung yang pertama,  SoC Snapdragon 730G Mobile Platform, all cinematic infinity display yang menawan, dan baterai ahan lama dengan super fast charging.

Samsung A80 memang memiliki spesifikasi yang sangat revolusioner terutama dari segi kamera. Bukan kamera biasa memang, karena Samsung telah memberikan kustomisasi lain pada tipe A80. Jika dipasaran sudah mulai umum hp dengan kamera muncul keatas yang mengagetkan atau kamera turun naik seperti harga emas, Samsung berinovasi dengan kemampuan baru. Yup, kamera Samsung A80 selain hadir dengan konsep pop up, juga bisa berputar 180 derajat.

Apa kelebihan dan kekurangan dari Samsung A80?

Samsung A80
Samsung A80. Foto : Samsung.com

Kelebihan:

  1. Triple Kamera utama bisa kamera swafoto
  2. Layar ekstra luas dan berkualitas tinggi Super AMOLED
  3. Paket menyertakan headset Type-C dan case khusus
  4. Smartphone pertama yang bertenaga Snapdragon terbaru, yaitu 730G

Kekurangan:
  1. Slot microSD dan jack audio 3.5 mm dihilangkan, ga malu dengan Iphone?
  2. Baterainya relatif kecil mengingat kemampuan ponsel ini sangat tinggi
  3. Tidak menyediakan fitur keamanan berbasis pengenalan wajah
  4. Bodi terlalu bongsor untuk rata-rata tangan orang Indonesia
  5. Harganya mahal bagi kita. Kita? Lu aja kali, hehe..

Desain

Tangguh dan premium. Dua kesan inilah yang akan Anda rasakan saat menggenggam ponsel yang rangka utamanya terbuat dari metal dan dilapisi oleh Gorilla Glass 6. Bodinya bongsor dengan dimensi 165.2 x 72.6 (P x L) serta bobot mencapai 220 gram. Bukan hal yang mudah menjangkau setiap sudut layar pada ponsel ini hanya dengan satu ibu jari.

Perubahan yang bakal sulit diterima oleh calon peminat ponsel ini adalah hilangnya port audio 3.5 mm. Keputusan yang mengikutsertakan Galaxy A80 ke dalam gerbong yang sama seperti Galaxy M40, Galaxy A60, dan terbaru, Galaxy Note10 Series. Selain itu, pabrikan asal Korea Selatan ini memilih untuk meniadakan slot microSD. Kapasitas internalnya memang cukup besar, 128GB, tapi pengguna yang berencana mempertahankan ponsel ini dalam waktu lama pasti mengharapkan slot penting tersebut.

Layar

Layar perangkat ini begitu lega, membentang sepanjang 6.7 inci. Samsung menamakannya All Cinematic Display (rasio aspek 20:9). Ukuran display ini menjadikan Samsung A80 sebagai salah satu perangkat paling lebar milik Samsung. Usaha Samsung untuk beralih ke layar bezel-less sejati yang tampil tanpa notch atau interupsi seperti ini juga laik dipuji.

Kualitas layar jangan diragukan lagi karena sudah terjamin berkat pemilihan Super AMOLED dengan resolusi Full HD+. Panel layar ini punya kontras yang tinggi dan warna yang tajam yang membuatnya ideal dipakai sebagai perangkat multimedia. Jika Anda ingin tampilan warna yang lebih mencolok, berkunjung sama ke menu pengaturan dan pilih mode Vivid. Mode ini pas buat menemani waktu menonton film Anda lewat HP ini. Jika ingin yang lebih alami, pilih mode Natural.

Kinerja

Kualitas snapdragon 730G secara teknis sama saja dengan SD730 reguler yang tersusun atas delapan inti prosesor dengan fabrikasi 8 nm. Perbedaannya terletak pada kinerja GPU yang terimprovisasi hingga 15 persen. AnTuTu mencatat skor perangkat ini di kisaran angka 200 ribuan. Dari segi performa Samsung A80 diposisikan sebagai jembatan penghubung antara segmen mid-range dengan flagship.

Hasilnya, smartphone yang dilengkapi RAM 8GB ini secara default dapat menjalankan PUBG Mobile dalam setting Smooth-Ultra atau Extreme-Ultra jika dipadukan dengan aplikasi GFX Tool. Membuka aplikasi foto editor seperti Lightroom, maka, proses loading menjadi sangat cepat. Soal multitasking, semuanya serba mulus dan cepat.

Spesifikasi

Ukuran Layar6.7 inches
ResolusiFHD+ (1080×2400) Super AMOLED
OS verAndroid 9.0 Pie (One UI)
CPUQualcomm Snapdragon SDM730  730 Octa core
Kecepatan CPU2x2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 470 Silver
Storage128GB
External StorageNot Supported
RAM8GB
Kamera Utama48MP + 8MP + 3D Depth
Kamera Depan48MP + 8MP + 3D Depth
Battery3700 mAh
Dimensi165.2 x 76.5 x 9.3 mm
WarnaPhantom Black, Ghost White, Angel Gold
Samsung A80 diprediksi menjadi lini A Samsung terakhir untuk membuktikan kepada publik bahwa mereka masih bertaji dalam menghadirkan perangkat yang premium. Kinerjanya memang sangat optimal, berkat kamera putarnya yang futuristis, dan seperti biasa, visual layarnya yang sangat mempesona. 

Akan tetapi, karena harganya pun sangat mengejutkan jika dibandingkan dengan Samsung A70 yang "hanya" dihargai sekitar lima jutaan. Dengan harga setinggi ini, jangan kaget jika pengguna akan lebih memilih produk dari lini S-Series atau ponsel yang lebih lawas namun masih sangat worth it untuk dimiliki seperti Samsung Galaxy Note 9. Semoga Anda cerdas memilih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Xiaomi Redmi Note 7, 2 Jutaan Dapat Kamera 48 MP dan RAM 3/4 GB

Vivo Y12 Indonesia, Triple Kamera Harga 2 Jutaan Terbaik? Spesifikasi Vivo Y12